Kwarcab Kota Pekanbaru akan Gelar Lomba Tingkat III

Kwarcab Kota Pekanbaru akan Gelar Lomba Tingkat III
Teks foto: Ilustrasi Pramuka Penggalang

Pekanbaru, Lomba Tingkat merupakan Pertemuan Anggota Pramuka Golongan Penggalang dalam bentuk Perkemahan, Perlombaan Beregu maupun Perorangan atasnama Regu. Lomba Tingkat disingkat (LT) LT juga ada Jenjangnya mulai dari LT I ditingkat Gugusdepan, LT II ditingkat Kwartir Ranting, LT III ditingkat Kwartir Cabang, LT IV ditingkat Kwartir Daerah dan LT V ditingkat Nasional.
Pengertian LT ini adalah Pertemuan Regu-regu Pramuka Penggalang dari suatu satuan Pramuka atau dari berbagai satuan Pramuka dengan acara kegiatan kreatif, rekreatif dan edukatif dalam bentuk perlombaan. Kegiatan yang berbentuk perlombaan itu dilaksanakan atas landasan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan dan digunakan untuk mengevaluasi serta meningkatkan kecakapan dan kemampuan para Pramuka Penggalang tersebut
Tujuan LT ini adalah untuk membina dan mengembangkan penghayatan kode kehormatan yang berupa Janji Trisatya dan Dasadarma Pramuka, serta memupuk persaudaraan dan persatuan dikalangan para Pramuka Penggalang tersebut.

Dan acara kegiatannya dibagi tiga kelompok :
1. Kelompok Satu: Mental, Agama, Patriotisme dan Sikap bermasyarakat. 
2. Kelompok Dua: Ketrampilan dan kecakapan, Ketangkasan,. Karya dan usaha, Praktek ketatalaksanaan regu praktis. 
3. Kelompok Tiga: Pengetahuan, Kesehatan, Kebersihan da Kerapihan.

Begitu juga Materi kegiatan dalam Perkemahan LT diambil dari : 
1. Syarat-syarat kecakapan umum (SKU); 
2. Kegiatan-kegiatan rutin yang diberikan dalam tiap-tiap latihan di satuannya masing-masing, termasuk data-data tata laksana regu; 
3. Kegiatan-kegiatan dalam rangka mempersiapkan diri membangun masyarakat seperti yang termaksud dalam trisatya untuk pramuka penggalang.

Dalam waktu dekat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru akan Melaksanakan Lomba Tingkat pramuka Penggalang III pada Tanggal 23 Februari 2023 Sampai 26 Februari 2023 di Bumi Perkemahan Sialang Rampai. Jalan Irmansyah Kelurahan Sialang Kecamatan Kulim, yang akan diikuti seluruh Peserta Terbaik satu. 1 Regu Putra terbaik 1 dan 1 Regu Putri Terbaik 1 dan telah melaksanakan LT II Tingkat Ranting Utusan Kwartir Ranting masing-masing  di wilayah Kwartir Cabang Kota Pekanbaru. Dan begitu juga ditingkat LT II Kwartir Ranting, pesertanya adalah Pemenang terbaik satu di LT I Tingkat Gugusdepan ( 1 Regu Putra dan 1 Regu Putri )

Penulis : Kak Yas
 

Tulis Komentar

Berita Lainnya

Kwarran Rumbai Barat Taja Jambore dan Pesta Siaga

PEKANBARU - Sekian lama Kwartir Ranting Rumbai Barat merencanakan kegiatan Pramuka yakni Pesta Siaga dan Jambore, akhirnya terwujud. Wa.

Gubernur dan Pj Walikota Bakal Hadiri Jamcab Pekanbaru

PEKANBARU - Kegiatan Jambore Cabang Kota Pekanbaru akan mulai digelar Jumat (30/9/2022) di Bumi Perkemaham Sialang Rampai Kulim. Gubern.

Ketua Kwarcab Pekanbaru Lantik Unsur Pengurus Saka POM

PEKANBARU (PusinfoPKU) - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru Kak Masykur Tarmizi  SSTP MSi resmi melanti.

Tutup Kegiatan Pramuka di LPK Anak Pekanbaru, Kakanwil Kemenkumham Riau Ajak Menggelorakan Nilai-nilai Kepramukaan

Pekanbaru – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Kak Mhd Jahari Sitepu menutup kegiatan Pramuka, kesadaran berbangsa.

Kakwarcab Pekanbaru Lantik 47 Anggota Pramuka Garuda

PEKANBARU - Jalan nyata yang menuju ke kebahagiaan ialah membahagiakan orang lain. Masukkanlah paham itu senantiasa dalam Trisatya Pram.