Ketua Kwarcab Pekanbaru Lantik 5 Saka Pramuka

Ketua Kwarcab Pekanbaru Lantik 5 Saka Pramuka

Adrian Eko Desrilianto SPi MIKom
Adrian Eko Desrilianto SPi MIKom

Reporter

PEKANBARU - Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pekanbaru , Masykur SSTP MSI melantik 5 Pengurus Satuan Karya (Saka) Pramuka Pekanbaru di lantai 6 Gedung Utama Perkantoran Tenayanraya Pelanbaru, Ahad (27/11/2022). Adapun Saka yang dilantik terdiri dari Majelis Pembimbing Saka, Pimpinan Saka dan Pamong Saka untuk Satuan Karya Bhayangkara, Dirgantara, SAR, Widya Budaya Bakti dan Taruna Bumi.

Dalam sambutannya, Maskur menjelaskan bahwa Satuan Karya (Saka) adalah satuan organisasi bagi peserta didik untuk pembinaan, peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang tertentu serta melakukan kegiatan nyata sebagai pengabdian kepada masyarakat. Dalam Gerakan Pramuka, Saka berkedudukan sebagai salah satu organisasi pendukung Gerakan Pramuka yang melekat pada kwartir penyelenggara pembinaan kecakapan hidup dan kompetensi anggota Saka.

‘’Ini bukanlah akhir ataupun puncak dari pengembangan dan pembinaan Satuan Karya yang kita lakukan namun ini adalah titik awal bagi kita untuk bersama-sama memajukan Satuan Karya di Kota Pekanbaru,’’ jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok melaksanakan pendidikan bagi kaum muda di lingkungan luar sekolah yang melengkapi pendidikan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah dengan tujuan, membentuk kader bangsa dan sekaligus kader pembangunan yang beriman dan bertakwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selanjutnya membentuk sikap dan perilaku positif, menguasai keterampilan dan kecakapan serta memiliki ketahanan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik sehingga menjadi manusia yang berkepribadian Indonesia, yang percaya kepada kemampuan sendiri, sanggup dan mampu membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan masyarakat, bangsa.

Adapun yang dilantik adalah Ketua Mabisaka Bhayangkara Kapolresta Pekanbaru Kombes. Pol. Dr. Pria Budi, S.I.K., M.H, Saka Dirgantara Kadispotdirga P. Siboro, S.T.,  Saka Widya Budaya Bakti M. Jamal, S. Pd., Saka SAR Hendra Oktri, S.E., M.M dan Saka Taruna Bumi drh. H. Muhammad Firdaus, M. Si.

‘’Harapannya tentu dengan dilantiknya pengurus Saka ini, Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru bisa berkontribusi nyata di lingkungan dan Masyarakat seasuai dengan cita-cita Tri Satya Pramuka serta berpedoman pada Dasa Darma Pramuka,’’ harapnya. Giat ini juga sekaligus penutupan latihan gabungan Saka Tingkat Cabang Kota Pekanbaru, yang sudah digelar sejak Juni hingga Desember 2022 di pangkalan Saka masing-masing.*

Tim Redaksi

Oki Helfiska
Oki Helfiska

Editor

Herry Budiansyah
Herry Budiansyah

Fotografer

Tulis Komentar

Berita Lainnya

Ketua Harian Kwarcab Pekanbaru Buka Jamran dan Pesta Siaga Tuah Madani

PEKANBARU - Ketua Harian Kwarcab Pekanbaru Kak Toni Werdiansah SSi membuka Jambore Ranting dan Pesta Siaga Kwartir Ranting Tuah Madani,.

Ratusan Peserta Jamcab Kwarcab Pekanbaru Memasuki Buper

PEKANBARU - Ratusan peserta Jambore Cabang Kota Pekanbaru mulai memasuki Bumi Perkemahan Sialang Rampai kecamatan Kulim Pekanbaru. Dari.

Kemah Pewarta Pramuka Se-Riau Dibuka, Jadikan Setiap Pramuka Sebagai Agen Citra Baik Pramuka

PANGKALAN KERINCI - Kemah Kerja Pewarta Se-Daerah Riau Tahun 2023 resmi dibuka oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau Kak Kasia.

Mabiran Lepas Peserta Jamnas Utusan Kwarran Limapuluh

PEKANBARU - Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) yang juga merupakan Camat Limapuluh Kota Pekanbaru Kak Indra Maulana SSTP MSi me.

Giat Wawasan, Peserta 'Tangkap' Ular Python Dengan Sarung Bapak

PEKANBARU - Peserta Jambore Cabang Kota Pekanbaru di Bumi Perkemahan Sialang Rampai sudah mulai mendapatkan pengetahuan dan peningkatan.