Kwarda Riau gelar Semarak Ramadhan V tahun 1444 H

Kwarda Riau gelar Semarak Ramadhan V tahun 1444 H

Kwardariau.or.id - Pekanbaru – Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau melalui Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega atau yang lebih dikenal dengan Dewan Kerja Daerah (DKD) Riau menggelar Semarak Ramadhan V tahun 1444 H yang digelar pada tanggal 14-16 April 2023 bertempat di Mesjid Al Muqarrabin jalan Kuaran Kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru.

Ketua Sangga Kerja Semarak Ramadhan 1444 H Muhammad Gunawan menyampaikan Semarak Ramadhan 1444 H dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan salah satu isi Tri Satya yakni ikut serta membangun masyarakat, dimana pengabdian dan pemberdayaan masyarakat menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh anggota Pramuka yang tidak hanya bisa melaksanakan kegiatan di lingkup Gerakan Pramuka namun harus bisa melaksanakan kegiatan di tengah-tengah masyarakat dan terjun langsung bersama masyarakat. Hal ini juga sejalan dengan tri bina Pramuka Penegak dan Pandega yakni bina diri, bina satuan dan bina masyarakat, dimana kegiatan bina masyarakat dikemas dalam kegiatan pengabdian di bulan Ramadhan, bulan yang suci bulan dimana setiap amalan kebaikan diberikan pahala berlipat ganda.

Ia menambahkan, peserta Semarak Ramadhan V ini diikuti oleh utusan Dewan Kerja Cabang (DKC) se-Daerah Riau yang berjumlah 13 orang dengan rincian DKC Indragiri Hulu 1 orang, DKC Bengkalis 1 orang, DKC Kota Dumai 1 orang, DKC Kota Pekanbaru 6 orang, DKC Kuantan Singingi 1 orang, DKC Rokan Hulu 1 orang, DKC Siak 1 orang dan DKC Pelalawan 1 orang.  

Kegiatan Semarak Ramadhan V terdiri dari bakti masyarakat, perlombaan bagi anak-anak SD dan TPA diantaranya (lomba tartil Qur’an, bercerita kisah nabi, hafalan surat pendek, adzan, kaligrafi, rangking 1), pemberian santunan anak yatim dan kaum dhuafa.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau yang diwakili oleh Kabid Layanan Kepemudaan Kak Helfandi saat membuka acara menyampaikan Pramuka selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan kegiatan sosial yang dilakukan sangat tinggi.

“Pramuka hadir di setiap kegiatan, Pramuka selalu ada di tengah-tengah masyarakat, salah satunya adalah melalui kegiatan Semarak Ramadhan” kata Kak Helfandi.

“Pramuka kegiatan sosialnya sangat tinggi, untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada Pengurus Kwarda Riau dan DKD Riau yang telah melaksanakan kegiatan ini” tambahnya.

“kami juga mengucapkan terimakasih kepada Kwarcab Kota Pekanbaru, Camat Bukit Raya dan jajaran yang telah memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Semarak Ramadhan 1444 H” ucapnya.

Sementara Lurah Air Dingin Kak Suci Trianingsih mengatakan sangat berterimakasih atas diselenggarakannya kegiatan Semarak Ramadhan Kwarda Riau tahun 1444 H di wilayahnya.

“tentunya saya sangat berterimakasih karena ada kegiatan ini di daerah kami” katanya.

“dengan adanya kegiatan ini, warga kami terbantu yakni melalui kegiatan santunan anak yatim, bantuan paket sembako untuk kaum dhuafa dan pemberian bibit tanaman kepada warga” tambahnya.

“apalagi saat ini kami sedang melaksanakan pembangunan dengan suasana asri” imbuhnya.

Selain itu, Kak Suci mengatakan anggota Pramuka bisa menyatu dengan masyarakat dengan berbagai kegiatan diantaranya gotong royong menyelesaikan lampu colok.

“saya sangat support dan sangat mendukung kegiatan ini sehingga meningkatkan jiwa korsa, empati, kepedulian anggota Pramuka kepada masyarakat” ucapnya.

Hadir pada pembukaan semarak Ramadhan Ketua Kwarda Riau Kak Kasiarudin, Wakil Ketua Kwarda Riau bidang pembinaan anggota muda Kak Jon Haril, Andalan Kwarda Riau, Andalan Cabang Kota Pekanbaru, Camat Bukit Raya Kak T. Ardi Dwisasti, Lurah Tangkerang Utara Kak Edo Juniananta, Ketua Kwarran Bukit Raya Kak Joefrianto, Pengurus DKD Riau, Ketua RW dan RT setempat serta tamu/undangan.

Penulis : Irwan Yuliadi (Humas Kwarda Riau)

Tulis Komentar

Berita Lainnya

Jambore Ranting dan Pesta Siaga Kwarran Sukajadi Digelar

PEKANBARU - Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Sukajadi mengelar kegiatan Jambore Ranting untuk Pramuka Penggalang serta Pesta Siaga untuk.

Tekpram : Sandi A-N

Sandi A-N merupakan salah satu sandi dasar yang banyak dikenali oleh pramuka. Baik itu oleh peserta didik, maupun kakak Pembina. Penggu.

Kwarran Binawidya gelar Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia

Pekanbaru – Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Binawidya menggelar Peringatan Hari Bapak Pramuka Indonesia, Sri Sultan Hamengk.

Kwarran Pekanbaru Kota Gelar Apel Peringatan Pramuka ke 61 dan Latgab Penggalang

PEKANBARU - Dalam rangka peringatan Hari Pramuka ke 61, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Pekanbaru Kota mengelar Apel dan latihan gabung.

Kwarcab Pekanbaru Ikuti Apel Peringatan Hari Pramuka ke 61 di Kwarda Riau

PEKANBARU - Apel peringatan Hari Pramuka ke 61 di gelar di lapangan Gedung Daerah Riau di Jalan Diponegoro, Kamis (18/8/2022). Bertinda.