Tekpram : Sandi A-N

Tekpram : Sandi A-N

Oki Helfiska
Oki Helfiska

Reporter

Sandi A-N merupakan salah satu sandi dasar yang banyak dikenali oleh pramuka. Baik itu oleh peserta didik, maupun kakak Pembina. Penggunaan Sandi A-N ini biasanya banyak dipergunakan dalam kegiatan Hiking atau pengembaraan. Selain itu sandi juga dapat melatih daya ingat peserta didik.
Pada materi ini, kita akan mencoba belajar menggunakan sandi A-N. Cara memecahkan dan membaca sandi A-N sangat mudah. Sandi ini hanyalah saling mengganti antara dua deret urutan abjad. Deret pertama terdiri atas huruf A s.d. M sedangkan deret kedua terdiri atas huruf N s.d. Z. Sehingga Sandi A-N memiliki kunci seperti gambar berikut ini :

CONTOH :
CENWN ZHQN XNENAN jawabnya adalah
PRAJA MUDA KARANA
Nah mudahkan untuk dipahami ? Selamat Berlatih.

Sumber : http://panduan-kepramukaan.blogspot.com/2016/12/sandi-n.html

Tulis Komentar

Berita Lainnya

DKR Tenayan Raya Berbagi Takjil Gratis

PEKANBARU (Pusinfopku) - Adik-adik Dewan Kerja Ranting (DKR) Kwarran Tenayan Raya punya cara untuk menunjukkan kasih di bulan suci Rama.

Bariq Ramadani terpilih menjadi Ketua DKR Rumbai

PEKANBARU - Musyawarah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Putri Putra Luar Biasa/ Musppanitralub Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Rumba.

Hadiri Pelantikan Mabi dan Pengurus Gudep Unilak, Ini harapan Kwarda Riau

PEKANBARU (Pusinfopku) – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau diwakili Sekretaris Bidang Organisasi, Hukum dan Bela Neg.

Syukuran HUT ke-2, Kwarran Binawidya gelar Buka Puasa Bersama

Pekanbaru – Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Binawidya menggelar Buka Puasa Bersama pada Rabu, 12/4/2023 di Cafe MN6277. Buk.

Ketua Kwarcab Pekanbaru Lantik Unsur Pengurus Saka POM

PEKANBARU (PusinfoPKU) - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru Kak Masykur Tarmizi  SSTP MSi resmi melanti.