Tekpram : Sandi A-N

Tekpram : Sandi A-N

Oki Helfiska
Oki Helfiska

Reporter

Sandi A-N merupakan salah satu sandi dasar yang banyak dikenali oleh pramuka. Baik itu oleh peserta didik, maupun kakak Pembina. Penggunaan Sandi A-N ini biasanya banyak dipergunakan dalam kegiatan Hiking atau pengembaraan. Selain itu sandi juga dapat melatih daya ingat peserta didik.
Pada materi ini, kita akan mencoba belajar menggunakan sandi A-N. Cara memecahkan dan membaca sandi A-N sangat mudah. Sandi ini hanyalah saling mengganti antara dua deret urutan abjad. Deret pertama terdiri atas huruf A s.d. M sedangkan deret kedua terdiri atas huruf N s.d. Z. Sehingga Sandi A-N memiliki kunci seperti gambar berikut ini :

CONTOH :
CENWN ZHQN XNENAN jawabnya adalah
PRAJA MUDA KARANA
Nah mudahkan untuk dipahami ? Selamat Berlatih.

Sumber : http://panduan-kepramukaan.blogspot.com/2016/12/sandi-n.html

Tulis Komentar

Berita Lainnya

Ketua Kwarcab Pekanbaru Melantik dan Mengukuhkan MABI & Kwarran Tingkat Rumbai

PEKANBARU - Ketua Kwatir cabang gerakan Pramuka Kota Pekanbaru, Maskur Tarmizi, S.STP melantik dan mengukuhkan pengurus Majelis Pembimb.

Kwarcab Pekanbaru Turut Serta Tanam Pohon Bantaran Sungai Sail

PEKANBARU - Persoalan lingkungan memang menjadi perhatian saat ini. Terutama di Kota Pekanbaru yang perkembangannya sangat pesat, masal.

Umbarani Dewi, M.Pd Ketua Terpilih Kwarran Rumbai

Musyawarah Ranting Luar Biasa/ Musranlub Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Rumbai telah diselenggarakan pada hari Sabtu 19 Februari 2022 .

Giat Wawasan, Peserta 'Tangkap' Ular Python Dengan Sarung Bapak

PEKANBARU - Peserta Jambore Cabang Kota Pekanbaru di Bumi Perkemahan Sialang Rampai sudah mulai mendapatkan pengetahuan dan peningkatan.

Tekpram : Sandi Angka

Sandi Angka merupakan sandi yang paling mudah dan sederhana. Penggunaan Sandi Aangka ini banyak dipergunakan dalam kegiatan Hiking atau.