Lantik Mabigus 01-001 dan 01-002 Unilak, ini harapan Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru

Lantik Mabigus 01-001 dan 01-002 Unilak, ini harapan Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru
Teks foto: Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru diwakili Wakil Ketua bidang Binamuda Kak Jacky Nurwandy saat memberikan sambutan usai melantik Mabigus 01-001 dan 01-002 Universitas Lancang Kuning masa bakti 2022-2024 di aula Perpustakaan Unilak, Senin, 20/3/2023

PEKANBARU (Pusinfopku) – Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru diwakili Wakil Ketua bidang pembinaan anggota muda Kak Jacky Nurwandy, S.IP melantik Majelis Pembimbing Gugusdepan 01-001 dan 01-002 pangkalan Universitas Lancang Kuning (Unilak) masa bakti 2022-2024 di aula Perpustakaan Unilak, Senin, 20/03/2023.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan, dilanjutkan dengan tanya jawab pelantikan, pengucapan tri satya, ikrar, penandatanganan berita acara pelantikan, ikrar dan penyematan tanda jabatan.

Kak Jacky Nurwandy saat membacakan sambutan Ketua Kwarcab menyampaikan bahwa di dalam Gerakan Pramuka terdapat 2 (dua) satuan pendidikan kepramukaan yaitu Gugusdepan dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat).

“Gugus depan disingkat Gudep adalah suatu kesatuan organik terdepan dalam Gerakan Pramuka yang merupakan wadah untuk menghimpun anggota Gerakan Pramuka dalam penyelenggaraan kepramukaan serta sebagai wadah pembinaan anggota muda dan anggota dewasa” kata Kak Jacky.

“atas dasar tersebut, Gugus depan selain sebagai satuan pendidikan juga menjadi satuan organisasi terdepan penyelenggara pendidikan kepramukaan dan wadah berhimpunnya peserta didik. Sehingga wajar jika peranan Gugus depan dalam pembinaan dan pengembangan Gerakan Pramuka menjadi sangat penting” tambahnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa Gudep yang berpangkalan di Perguruan Tinggi (Perti) berbeda dengan Gudep lainnya. Gudep di Perti memiliki peran yang lebih jauh daripada itu. Tujuan diadakannya Gudep yang berpangkalan di Perguruan Tinggi adalah untuk membentuk dan mengembangkan karakter bangsa dengan meningkatkan peranan Perguruan Tinggi dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat melalui kegiatan pendidikan kepramukaan.

Di sisi lain, Gudep Perti juga diberi tanggungjawab lain agar diharapkan bisa menjadi sebuah Gugusdepan yang lengkap. Sebuah Gugusdepan yang memiliki Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega.

“dengan sumber daya manusia berupa anggota dewasa di lingkungan perguruan tinggi yang mampu menjadi pembina satuan tentu untuk menuju Gudep lengkap ini tidak menjadi kendala bagi Gudep Unilak” ujarnya.

“dan kami sangat berharap, Kakak Ketua Mabigus dapat mendukung Pengurus Gudep untuk mewujudkan pembentukan Gudep lengkap dengan mengembangkan hingga ke pembentukan satuan Perindukan Siaga” harapnya.

Kak Jacky mengungkapkan bahwa tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini sesuai dengan Satya Pramuka kedua yaitu menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat.

“untuk itu, perlu upaya meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan yang sistematis, terencana dan berkelanjutan” katanya.

“Saya berharap dengan pelantikan ini merupakan upaya memantapkan organisasi, sistem manajemen dan sumber daya, yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di tingkat Gudep lebih khususnya lagi di Gudep Perti yang merupakan garda terdepan dalam pembinaan anggota muda” tambahnya.

“Kepada Kakak-kakak Pengurus Gudep yang baru dilantik, kami menaruh harapan besar untuk mewujudkan harapan itu. Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sebagai inti keanggotaan di Gugus depan Perguruan Tinggi yang menjadi tanggungjawab pembinaan Pengurus Gudep harus mampu menjadi kader-kader bangsa di masa depan melalui pola pembinaan meliputi bina diri, bina satuan dan bina masyarakat” pintanya.

Kak Jacky menjelaskan kegiatan bina diri meliputi pembinaan pribadi, baik rohani, jasmani maupun keterampilan. Kegiatan bina satuan meliputi pembinaan kepemimpinan dan keterampilan pengelolaan satuan dalam Gerakan Pramuka. Dan kegiatan bina masyarakat meliputi pembinaan kepemimpinan dan keterampilan, serta darma baktinya kepada pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

“jika ketiga pola pembinaan ini mampu kita wujudkan bersama, maka Gerakan Pramuka akan mampu memberikan sumbangsihnya untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin terbaik di masa depan” imbuhnya.

“Akhirnya, sekali lagi kami ucapkan selamat mengemban amanah kepada Kakak-kakak Pengurus Mabigus dan Pengurus Gudep yang telah dilantik. Semoga usaha kita dalam membina generasi muda Indonesia diberkahi oleh Allah SWT dan menjadi ladang amal bagi kita semua” ucapnya.  

Penulis : Irwan Yuliadi (Humas Kwarda Riau)

Tulis Komentar

Berita Lainnya

Kwarcab Pekanbaru Turut Serta Tanam Rumput di Kawasan Buper Sialang Rampai

PEKANBARU – Bersama Penjabat Walikota Pekanbaru, Muflihun SSTP MAP, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru Kak Masyk.

Ketua Harian Kwarcab Pekanbaru Buka Jamran dan Pesta Siaga Tuah Madani

PEKANBARU - Ketua Harian Kwarcab Pekanbaru Kak Toni Werdiansah SSi membuka Jambore Ranting dan Pesta Siaga Kwartir Ranting Tuah Madani,.

Camat Sail Selaku Kamabiran Lantik Unit Pramuka Peduli Sail

Pekanbaru - Ketua Majelis Pembimbing Ranting Sail (Kamabiran) Kak Farid Irwan Maulana, S.IP di damping oleh Ketua Kwartir Ranting Sail .

Kemah Pewarta Pramuka Se-Riau Dibuka, Jadikan Setiap Pramuka Sebagai Agen Citra Baik Pramuka

PANGKALAN KERINCI - Kemah Kerja Pewarta Se-Daerah Riau Tahun 2023 resmi dibuka oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau Kak Kasia.

Kwarcab Pekanbaru Hadiri Rakerda Kwarda Riau di Bangkinang

PEKANBARU (Pusinfopku) - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang ditaja Kwarda Riau .