Belajar Isyarat Bendera Semaphore

Belajar Isyarat Bendera Semaphore

Oki Helfiska
Oki Helfiska

Reporter

Salam Pramuka Adik-adik. 

Sudah pernahkah adik-adik mendengar istilah Semaphore ? Nah bagi yang belum tahu, mari kita simak penjelasan tentang semaphore. Semaphore merupakan suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera. Selian itu bisa juga menggunakan dayung, batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semaphore. Pengiriman sandi melalui bendera semaphore ini menggunakan dua bendera, yang masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm. Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning, dimana letak warna merah selalu berada dekat tangkai bendera. Pada awal abad ke 19, semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan.

Semaphore merupakan salah satu bentuk isyarat menggunakan bendera yang lazim digunakan ketika perang sipil di Amerika Serikat. Ketika itu bendera yang digunakan berwarna putih dan oranye serta hanya terdiri dari satu bendera saja. Orang yang ditugaskan melakukan isyarat bendera ini biasanya berdiri di sebuah tempat yang tinggi atau di lantai yang tingginya sekitar 2-3 meter dari permukaan tanah.

Semaphore kalau dalam pramuka, sama wajibnya seperti sandi morse.

Penemu sandi Semaphore (25 Desember 1763 – 23 Januari 1805) ini bernama Claude Chappe. Dia lahir di Brulon, Sarthe, Negara Prancis, dan merupakan cucu seorang Baron Prancis. Dalam hidupnya ia dibesarkan dengan tujuan untuk melayani gereja, namun dia kehilangan pekerjaannya pada saat Revolusi Prancis Terjadi.

Dia pernah juga bersekolah di Lycee Pierre Corneille di Rouen. Dan setelah itu, dikarenakan menganggur cukup lama. Dia dengan keempat saudaranya memutuskan untuk mengembangkan sebuah sistem praktis kuno saat itu yang bernamakan Stasiun Relay Semaphore. Namun tidak pernah terealisasikan.

Namun sistem ini mendapatkan bantuan dukungan dari kakak Claude yang bernama Ignace Chappe (1760-1829) yang merupakan anggota Majelis Legislatif pada saat Revolusi Prancis yang akhirnya digunakan dalam pembangunan jalan relay Paris ke arah Lille yang ditujukan untuk membawa berita dari perang.

Berkat ini, Chappe menjadi seorang penemu Prancis pada tahun 1792 sehingga dikenal sebagai sang Maestro telekomunikasi pertama dengan penerapan mesin atau sistem “internet mekanis”. Dimana atas sistem yang diciptakannya tersebut menjadi tersebar di seluruh hantaran Prancis cukup lama. Dan Semaphore ini merupakan sistem telekomunikasi praktis pertama di zaman industri tersebut.

Untuk belajar dengan cepat, salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk mudah menghafalkan kode isyarat sandi semaphore adalah dengan menggunakan “8 Penjuru Mata Angin” atau metode “Jarum Jam”.

Semaphore Flag Signals

Agar adik-adik dapt lebih mudah untuk memahami tentang Semaphore, silahkan ditonton Video berikut ini.

 

Tulis Komentar

Berita Lainnya

Waspada! Nama dan Foto Ketua Kwarcab Pekanbaru Dicatut

PEKANBARU - Oknum tidak bertanggung jawab kembali mencatut nama pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Kali ini oknum tersebu.

Jambore Ranting dan Pesta Siaga Kwarran Sukajadi Digelar

PEKANBARU - Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Sukajadi mengelar kegiatan Jambore Ranting untuk Pramuka Penggalang serta Pesta Siaga untuk.

Persiapan Musranlub & Musppanitralub Kwaran Rumbai

BerandaRumbaiPersiapan Musranlub & Musppanitralub Kwaran RumbaiPersiapan Musranlub & Musppanitralub Kwaran Rumbai Panitia Peny.

Kak Faid Terpilih sebagai Ketua Kwarran Payung Sekaki

Kwartir Ranting Payung Sekaki melakukan Musyawarah Ranting tahun 2023 yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Payung Sekaki pada tanggal.

Lantik Mabi dan Pimpinan Saka POM, Ka Kwarda mengaku Bahagia dan Minta Segera Bergerak

Pekanbaru - Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau, Kak Kasiarudin SH melantik Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pimpinan Satua.