Pertama di Riau, Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab Pekanbaru Resmi Dilantik

Pertama di Riau, Saka Adhyasta Pemilu Kwarcab Pekanbaru Resmi Dilantik

PEKANBARU (Pusinfopku) - Majelis Pembimbing, Pimpinan, Pamong, dan Instruktur Satuan Karya Pramuka (Saka) Adhyasta Pemilu Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Pekanbaru resmi dilantik oleh Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru Kak Masykur Tarmizi di Hotel Prime Park Pekanbaru, Selasa (7/3/2023).

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kwarcab Kota Pekanbaru nomor 11 tahun 2023 tanggal 3 Maret 2023.

Pelantikan Mabi, Pimpinan, Pamong dan Instruktur Saka Adhyasta Pemilu ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, Forkompimda Kota Pekanbaru, Ketua KPU Pekanbaru Anton Merciyanto, Andalan Kwarda Riau Kak Harubeni Maria, Wakil Ketua Kwarcab Kak Jacky Nurwandy, Kak Linda Usmayati, Sekretaris Kwarcab Kak Deny Rendra dan seluruh Ketua Panwaslu Kecamatan se-kota Pekanbaru.

Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal mengucapkan selamat atas pelantikan Saka Adhyasta Pemilu dan mengatakan Bawaslu Kota Pekanbaru merupakan pelopor pertama terbentuknya Saka Adhyasta Pemilu di Provinsi Riau.

"Saya ucapkan selamat atas pelantikan Saka Adhyasta Pemilu dan saya ucapkan terimakasih kepada  Bawaslu Kota Pekanbaru yang telah menjadi pelopor atas terbentuknya Saka Adhyasta Pemilu di Provinsi Riau, semoga bisa diikuti oleh Bawaslu Kabupaten/Kota lainnya " kata Alnofrizal.

"Dengan adanya Saka ini diharapkan anak-anak muda semakin melek terhadap Pemilu," tambahnya.

Alnofrizal mengungkapkan bahwa pada pemilu tahun 2024 mendatang berdasarkan catatan hampir 60 persen itu adalah pemilih anak muda.

"Dengan adanya Saka ini menjadi nilai tambah bagi kita dan Bawaslu dalam rangka memberikan pemahaman tentang kepemiluan dan pengawasan pemilu kepada generasi muda sehingga partisipasi masyarakat bisa lebih tinggi," pungkas Ketua Bawaslu Riau.

Ia juga mengharapkan, dengan hadirnya Saka ini, bisa melibatkan elemen-elemen masyarakat lainnya seperti komunitas digital, komunitas touring sehingga masyarakat semakin sadar bahwa Pemilu sebentar lagi.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pekanbaru, Kak Masykur Tarmizi mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bawaslu Kota Pekanbaru yang telah mengusulkan dan membentuk Saka Adhyasta Pemilu Kota Pekanbaru, Saka yang pertama terbentuk di 12 Kabupaten/Kota.

"Ini adalah bentuk kepedulian dan juga strategi serta inovasi yang dilakukan Bawaslu Kota Pekanbaru menghadapi Pemilu 2024" kata Kak Masykur Tarmizi.

"Tahapan-tahapan Pemilu sudah dimulai, tidak hanya KPU, Bawaslu saja yang terlibat tetapi segenap unsur, Pemko bersama Forkompinda dan masyarakat untuk menyukseskan Pemilu 2024" tambah Asisten I Setda Kota Pekanbaru ini.

"ini langkah awal dalam mengawal Pemilu untuk lebih baik, menjadi solusi bagi peserta didik untuk mengambil peran partisipasi politik" ucapnya.

Lebih lanjut Kak Masykur mengatakan bahwa pelantikan pengurus Saka Adhyasta Pemilu ini sejalan dengan arah kebijakan Kwarcab Kota Pekanbaru untuk menitipkan peserta didik khususnya Pramuka Penegak dan Pandega di satuan karya agar mereka memiliki keterampilan khusus sesuai dengan bidang minat mereka.

"Partisipasi Gerakan Pramuka dalam melakukan pengawasan Pemilu untuk menciptakan Pemilu yang demokratis, berintegritas, bebas dan adil sejalan dengan nilai kepramukaan yaitu cinta kepada tanah air dan bangsa," katanya.

Kak Masykur  menuturkan bahwa sifat kerelawanan Gerakan Pramuka selaras dengan upaya Bawaslu untuk melibatkan simpul-simpul masyarakat dalam pengawasan pemilu partisipatif.

"Bagi anggota Gerakan Pramuka memahami dengan benar seluk beluk tentang Pemilu akan menjadikan bagian dalam proses pencerdasan bangsa," tuturnya.

Pramuka memiliki kode kehormatan yang akan menempatkan diri sesuai Tri Satya dan Dasadarma Pramuka.

"Menempatkan dirinya sesuai dengan jiwa Tri Satya dan Dasadarma dapat membantu menjaga proses demokrasi berjalan dengan aman, tertib dan lancar," pungkas Kak Masykur.

Berikut nama Majelis Pembimbing Saka Pramuka Adhyasta Pemilu Kwarcab Pekanbaru: 
1. Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru sebagai Ketua
2. Koordiv. Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat sebagai Wakil Ketua
3. Korsek Bawaslu Kota Pekanbaru sebagai Sekretaris
4. Koordiv. Sumberdaya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan sebagai anggota
5. Koordiv. Hukum dan Penyelesaian Sengketa sebagai anggota
6. Wakil Ketua Pembinaan Anggota Muda Kwarcab Kota Pekanbaru sebagai anggota.

Berikut nama-nama Pimpinan dan anggota Saka Pramuka Adhyasta Pemilu Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru:
1. Rizqi Abadi, S. I. Kom sebagai Ketua
2. Yasrif Yakub Tambusai, SH., MH sebagai Wakil Ketua
3. Robby Tri Adriansyah, S.H sebagai Sekretaris
4. Rahmanesa, A.Md sebagai Bendahara
5. Siti Syamsiar S.IP, M.Si sebagai Anggota
6. Fitri Heriyanti S.IP, MSi sebagai Anggota
7. Syafril sebagai Anggota

Nama-nama Pamong dan Instruktur Saka Pramuka Adhyasta Pemilu Kwarcab Pekanbaru

1. Febriko sebagai Pamong Saka
2. Irwan Yuliadi A.Md S.IP sebagai Pamong Saka
3. Yuherlis sebagai Pamong Saka
4.  Rachmatul Azmi S. Kom sebagai Instruktur Krida Pengawasan
5.  Marhatillah Minur S. Kom sebagai Instruktur Krida Pengawasan
6.  Irma Fhudla S. Pd sebagai Instruktur Krida Pengawasan
7.  Reza M. Ikhsan S. IP sebagai Instruktur Krida Pencegahan
8.  Fadhli Hardani SE MM sebagai Instruktur Krida Pencegahan
9. Yeri Purnama Sari, SH sebagai Instruktur Krida Pencegahan
10. Muhammad Dirham S. Ak sebagai Instruktur Krida Pencegahan
11. Iqbal Indra Purnama, SH sebagai Instruktur Krida Penanganan Pelanggaran
12. Muhammad Yaslan, S. Sos sebagai Instruktur Krida Penanganan Pelanggaran
13. Lia Adrianti, S. Sos sebagai Instruktur Krida Penanganan Pelanggaran
14. Ferdian sebagai Instruktur Krida Penanganan Pelanggaran

Tulis Komentar

Berita Lainnya

Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pandega

Pramuka Pandega, dewasa ini dalam proses revitalisasi telah memiliki SKU sesuai dengan tuntutan dan kemajuan teknologi, informasi dan p.

Regu Putri Perwakilan Kwarcab Pekanbaru Kokoh di Runner-up LT4 Riau

PEKANBARU (pusinfopku) - Giat Lomba Tingkat IV Kwarda Riau memasuki hari-hari terakhirnya. Giat yang dipusatkan di Buper Pusdiklat Kwar.

Buka Jambore dan Pesta Siaga Cabang Kota Pekanbaru, ini pesan Wakil Gubernur Riau

Pekanbaru – Wakil Gubernur (Wagub) Riau selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau Kak Edy Natar Nasu.

DKR Tenayan Raya Berbagi Takjil Gratis

PEKANBARU (Pusinfopku) - Adik-adik Dewan Kerja Ranting (DKR) Kwarran Tenayan Raya punya cara untuk menunjukkan kasih di bulan suci Rama.

Mabiran Rumbai Membuka Perkemahan Lomba Tingkat II Kwarran Rumbai

PEKANBARU (Pusinfopku) - Camat Rumbai Kota Pekanbaru Selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Rumbai Kak Vemi Herliza., S.STP, M.H  .