Buka Jambore dan Pesta Siaga Cabang Kota Pekanbaru, ini pesan Wakil Gubernur Riau

Buka Jambore dan Pesta Siaga Cabang Kota Pekanbaru, ini pesan Wakil Gubernur Riau

Pekanbaru – Wakil Gubernur (Wagub) Riau selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Riau Kak Edy Natar Nasution menjadi Pembina Upacara pada Peringatan Hari Pramuka ke-61 dan membuka secara resmi Jambore dan Pesta Siaga Cabang Kota Pekanbaru pada 30/9/2022 bertempat di Bumi Perkemahan Sialang Rampai Kota Pekanbaru.

Dalam sambutannya, Wagub menyampaikan rasa salut dan apresiasi kepada keluarga besar Gerakan Pramuka yang telah berupaya semaksimal mungkin menyelenggarakan Upacara sekaligus Jambore dan Pesta Siaga Cabang Kota Pekanbaru Tahun 2022.

Lebih lanjut beliau mengatakan Jambore dan Pesta Siaga merupakan sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi peserta baik bagi adik-adik Pramuka Penggalang maupun ananda Siaga.

“jadikan pengalaman mengikuti kegiatan ini menjadi ajang untuk pertama, meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa” kata Kak Edy Natar Nasution.

“kedua, untuk membina tali persaudaraan dan upaya membangun jati diri bangsa, ketiga, meningkatkan pengembangan mental, fisik, pengetahuan, jiwa kepemimpinan, dan kepercayaan diri, keempat, meningkatkan rasa tanggungjawab terhadap diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara, dalam bentuk bela negara di berbagai bidang, kelima, menambah pengalaman dan keterampilan serta keenam untuk meningkatkan aksi Pramuka dalam membantu penanggulangan pandemi Covid-19” tambah mantan Danrem 031 Wirabima ini.

Untuk itu, Wagub menitip pesan, jangan pernah merasa letih untuk sebuah kebaikan, jangan pernah menyesal untuk sebuah pengorbanan, jadikanlah cambuk untuk bergerak dan berdiri di pelataran milenial bangsa dan menjadi salah satu generasi terbaik di abad ini.

“teruslah berprestasi dan berkarya, teruskanlah gerak langkah pengabdian yang berdaya guna dan berketeladanan, yang bermuara pada terwujudnya cita-cita luhur perjuangan bangsa, berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Insya Allah, semoga semuanya itu bernilai ibadah” pesan beliau.  

Sementara Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau Kak Kasiarudin dalam sambutannya mengatakan ada tiga model pendidikan yakni pendidikan di lingkungan keluarga, pendidikan formal mulai dari PAUD sampai Perguruan Tinggi dan pendidikan non formal.

“nah pendidikan non formal itu yang memiliki metoda, sistematika, pelatih pembina yang memiliki lisensi di Republik kita dipercayakan kepada Gerakan Pramuka” kata Kak Ilal sapaan akrab beliau.

“mengapa di kegiatan Pramuka kita selalu menghadirkan petinggi-petinggi negeri, pejabat-pejabat pemerintah karena organisasi Gerakan Pramuka ini memang ditugaskan Negara/Pemerintah untuk mendidik karakter anak-anak bangsa” tambahnya.

“nah Pramuka merasa bangga, merasa senang jika petinggi-petinggi negeri ini hadir bersama mereka dan mereka sangat termotivasi sekali dan kami sangat senang, atas nama Kwarda Gerakan Pramuka Riau saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bapak-bapak, dan orang tua merasa yakin untuk menitipkan anak-anak mereka di Pramuka” jelasnya.

Selanjutnya Ketua Kwarda mengatakan puncaknya Pramuka adalah Pramuka Garuda mulai dari golongan Siaga sampai dengan Pandega dan Insya Allah bila sudah mencapai Pramuka Garuda mereka komplit Insya Allah mereka mempunyai karakter punya adab sesuai tujuan pendidikan nasional untuk anak-anak yang berakhlak mulia, beriman dan taqwa, berilmu pengetahuan dan teknologi.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Pekanbaru Kak Masykur Tarmizi dalam sambutannya melaporkan kegiatan Jambore Cabang dilaksanakan pada tanggal 29 September s.d 2 Oktober 2022 sedangkan Pesta Siaga Cabang dilaksanakan pada tanggal 30 September 2022 bertempat di Bumi Perkemahan Sialang Rampai Kota Pekanbaru.
Ka Kwarcab menambahkan Jambore Cabang diikuti oleh 922 orang Pramuka Penggalang, Pesta Siaga diikuti 540 orang Pramuka Siaga, didukung oleh 187 Pembina Pendamping, 30 orang Pimpinan Kontingen Ranting, 110 orang Panitia, dan 250 orang pengisi acara sehingga jumlah yang hadir di Bumi Perkemahan Sialang Rampai adalah 2.039 orang.

Peringatan Hari Pramuka ke-61 ditandai dengan penyerahan tanda penghargaan dan piagam penghargaan berupa Lencana Melati, Lencana Darma Bakti, Lencana Pancawarsa, Lencana Teladan dan Brevet Brigade Penolong.

Pembukaan Jambore dan Pesta Siaga Cabang ditandai dengan pemasangan tanda peserta, pelepasan balon dan penaikan bendera kegiatan.

Hadir dalam acara Rektor Universitas Riau Kak Prof. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi, DEA, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Pekanbaru, Pimpinan dan Andalan Kwarcab Kota Pekanbaru, penerima tanda penghargaan, Camat se-Kota Pekanbaru, Ketua Kwartir Ranting se-Kota Pekanbaru, para Pembina, para Pelatih, peserta kegiatan dan undangan.

Penulis : Irwan Yuliadi (Humas Kwarda Riau)

Tulis Komentar

Berita Lainnya

Mabiran Rumbai Membuka Perkemahan Lomba Tingkat II Kwarran Rumbai

PEKANBARU (Pusinfopku) - Camat Rumbai Kota Pekanbaru Selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Rumbai Kak Vemi Herliza., S.STP, M.H  .

Kemah Pewarta Pramuka Se-Riau Dibuka, Jadikan Setiap Pramuka Sebagai Agen Citra Baik Pramuka

PANGKALAN KERINCI - Kemah Kerja Pewarta Se-Daerah Riau Tahun 2023 resmi dibuka oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Riau Kak Kasia.

Ketua Kwarcab Pekanbaru Lantik Unsur Pengurus Saka POM

PEKANBARU (PusinfoPKU) - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru Kak Masykur Tarmizi  SSTP MSi resmi melanti.

Kwarran Bukitraya Lepas Peserta Jamnas XI Asal SMPN 22 Pekanbaru

PEKANBARU - Salah seorang siswa SMPN 22 Kota Pekanbaru atas nama Dika AlFajar berhasil menjadi salah satu peserta pada Jambore Nasional.

Jamda Riau 2021 Resmi Dibuka, Ketua Harian Mabida Riau : Terimakasih Kwarcab Pekanbaru

PEKANBARU - Jambore Daerah Riau 2021 resmi dibuka. Giat Pramuka Penggalang yang bakal dilaksanakan hingga 21 Desember 2021 di Bumi Perk.