Raimuna Cabang Kota Pekanbaru Resmi Dibuka Pj Walikota Muflihun

Raimuna Cabang Kota Pekanbaru Resmi Dibuka Pj Walikota Muflihun

Raimuna Cabang Kota Pekanbaru Tahun 2024 resmi dibuka Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun selaku Kamabicab di Bumi Perkemahan Sialang Rampai Pekanbaru, Kamis (9/5/2024).

Pembukaan Raimuna Cabang ini ditandai dengan pemukulan kompang oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bersama Ketua Kwarda Riau yang diwakili Waka Bidang Abdimasgana LH Ario Wibowo dan Ketua Kwarcab Pekanbaru Masykur Tarmizi.

"Raimuna sebagai pertemuan besar pramuka golongan penegak dan pandega memiliki tujuan untuk mempererat tali persaudaraan sesama anggota Pramuka dengan berbagai aktivitas dengan inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif, produktif dalam bentuk perkemahan," kata Muflihun.

Pj Walikota Pekanbaru menyampaikan kita menyadari bahwa tantangan saat ini sangatlah berat persoalan kenakalan remaja, narkoba, intoleransi, LGBT, lunturnya patriotisme dan lain sebagainya telah secara nyata kita saksikan perkembangan generasi muda.

"Oleh karena itu kita berharap berbagai persoalan bangsa ini dapat diselesaikan secara bersama dengan cara mempersiapkan anak-anak Indonesia yang tangguh, cinta tanah air, berkakhlak mulia, memiliki jiwa patriotisme melalui Gerakan Pramuka," ujarnya.

Ia berharap adik-adik Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega sebagai himpunan kaum muda Gerakan Pramuka untuk menjadi pemimpin yang bertanggungjawab pada diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, negara, dan Tuhan Yang Maha Esa melalui bina diri, bina satuan, bina masyarakat sehingga melalui kegiatan ini adik-adik dapat menerapkan metode belajar sambil melakukan menjadi sarana untuk belajar memimpin diri sendiri.

Pada kesempatan itu, Muflihun menambahkan Pekanbaru harus siap untuk menyongsong Indonesia Emas 2045 jangan Pekanbaru sebagai penonton jadilah pelaku Indonesia Emas Tahun 2045.

"Siapa dia itu adalah kalian tentunya adik-adik yang sekarang usianya 15, 16, 17 atau generasi Gen Z kalian adalah pengisi nanti Indonesia Emas tahun 2045," tambahnya.

"Akhirnya dengan mengucapkan bismillahirrahmanirahim pembukaan Raimuna Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru tahun 2024 secara resmi dinyatakan dibuka," ucap Muflihun.

Ketua Kwarda Riau yang diwakili Wakil Ketua Bidang Abdimasgana dan Lingkungan Hidup Ario Wibowo menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan Raimuna Cabang adalah kegiatan yang bersifat tingkatan mulai dari ranting, cabang, daerah sampai nasional.

"Kegiatan ini menghimpun seluruh pramuka penegak dan pandega khususnya yang ada di Kota Pekanbaru tujuannya memberikan pengalaman yang menarik kepada peserta didik, kemudian memberikan pelatihan-pelatihan dan memberikan semangat untuk mengikuti kegiatan-kegiatan kepramukaan," kata Ario.

Ia berharap semoga seluruh peserta itu betul-betul merasakan pengalaman yang menarik bagi dirinya karena ini sekali dalam seumur hidup dilaksanakan.

"Dan dapat diimplementasikan pada saat mereka berada ditengah-tengah masyarakat nantinya," harap Ario.

Ketua Sangga Kerja Kabul Tohari dalam laporannya menyampaikan personel dari Sangga Kerja berjumlah 85 orang, peserta kegiatan berasal dari 11 Kwartir Ranting se-Kota Pekanbaru sehingga total keseluruhan panitia dan peserta berjumlah 410 orang.

"Dari 9 utusan ranting dengan rincian utusan ranting Rumbai 15 putri, Pekanbaru Kota 8 putra 4 putri, Limapuluh 16 putra 24 putri, Sail 8 putra 8 putri, Sukajadi 24 putra 30 putri, Binawidya 16 putra 8 putri, Tenayan Raya 24 putra 11 putri, Marpoyan Damai 32 putra 29 putri, Tuah Madani 22 putra 27 putri," terangnya.

Ia menyampaikan untuk utusan Gugus Depan dengan rincian SMAN 7 Pekanbaru dengan peserta 8 putri, Universitas Islam Riau 8 putra 7 putri.

"Semoga kegiatan Raimuna Cabang Kota Pekanbaru tahun 2024 dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan Pramuka terbaik bagi masyarakat dan Gerakan Pramuka," pungkas Kabul Tohari.

Turut hadir pada pembukaan tersebut yakni Ketua Kwarcab Pekanbaru Masykur Tarmizi, Ketua Harian Kwarcab Pekanbaru Toni Werdiansyah, Sekretaris Kwarcab Pekanbaru Deny Rendra, Pengurus Kwarcab Kota Pekanbaru, Forkompinda Pekanbaru, Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Raja Rilla, Kepala Balai Besar POM di Pekanbaru, Camat selaku Ketua Mabiran, Ketua Kwartir Ranting se-Kota Pekanbaru, Ketua DKD Riau dan Anggota, Ketua DKC Pekanbaru dan pengurus, dan peserta Raimuna Cabang Kota Pekanbaru serta undangan lainnya.

 

Penulis: Rasid Ahmad
Editor: Sri Lestari

Tulis Komentar

Berita Lainnya

Diklat Brigade Penolong Dimulai, Ini Harapan Kakwarcab Pekanbaru

PEKANBARU - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru menggelar Pendidikan dan Pelatihan (diklat) Brigade Penolong (BP) y.

Mabiran Rumbai Membuka Perkemahan Lomba Tingkat II Kwarran Rumbai

PEKANBARU (Pusinfopku) - Camat Rumbai Kota Pekanbaru Selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Rumbai Kak Vemi Herliza., S.STP, M.H  .

Persiapan Musranlub & Musppanitralub Kwaran Rumbai

BerandaRumbaiPersiapan Musranlub & Musppanitralub Kwaran RumbaiPersiapan Musranlub & Musppanitralub Kwaran Rumbai Panitia Peny.

Ketua Kwarcab Pekanbaru Melantik dan Mengukuhkan MABI & Kwarran Tingkat Rumbai

PEKANBARU - Ketua Kwatir cabang gerakan Pramuka Kota Pekanbaru, Maskur Tarmizi, S.STP melantik dan mengukuhkan pengurus Majelis Pembimb.

Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak

Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak adalah syarat-syarat kecakapan yang wajib dipenuhi oleh pramuka Penegak untuk mendapatkan T.