54 Peserta Ikuti Kursus Orientasi di Kwarran Binawidya

54 Peserta Ikuti Kursus Orientasi di Kwarran Binawidya

Pekanbaru – Sebanyak 54 peserta mengikutiKursus Orientasi (KO) yang diselenggarakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru di Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Binawidya, Kamis (3/8/2023) di aula Kantor Camat Binawidya. Peserta merupakan utusan dari SD, SMP, MTs, SMA, SMK, MA dan Perguruan Tinggi se-Kecamatan Binawidya.

Ketua Kwarran Binawidya, Kak Irwan Yuliadi menyampaikan KO ini diselenggarakan dengan tujuan agar peserta dapat mengetahui dan memahami bentuk, peran, dan fungsi Gerakan Pramuka, Kepramukaan dan Pramuka sehingga mempunyai gambaran yang jelas tentang kiprah dan dinamika Gerakan Pramuka dalam pembangunan bangsa Indonesia.

“Apabila sudah tahu dan paham tentang Gerakan Pramuka, Kepramukaan dan Pramuka dan didukung oleh Ketua Majelis Pembimbing maka proses pendidikan kepramukaan akan berjalan dengan baik dan tujuan Gerakan Pramuka dalam membentuk karakter generasi muda akan tercapai,” kata Kak Irwan.  

Kak Irwan juga minta sekolah yang belum punya Gudep segera urus nomor Gudep. Sementara bagi yang sudah punya Gudep diminta melakukan proses pendidikan kepramukaan dengan baik sehingga pencapaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) serta Syarat Pramuka Garuda (SPG) dapat tercapai dengan maksimal.

Untuk memperkuat kebijakan pelaksanaan pendidikan kepramukaan di Gugusdepan, pada Kursus Orientasi ini disebutkan Kak Irwan pihaknya mengundang narasumber dari Kwarcab Kota Pekanbaru, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama provinsi maupun kota.

Selain itu juga pihaknya meminta kepada Kwarcab mengirimkan Tim Pelatih terbaik di Kursus Orientasi ini. “Karena untuk membentuk karakter generasi muda, tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, harus bersama-sama, semua harus saling mendukung, saling sinergi,” ucap Kak Irwan dengan penuh semangat.

Dirinya mengucapkan terimakasih kepada Kwarcab, Dinas Pendidikan, Kemenag, Camat Binawidya, dan satuan pendidikan yang telah mengirimkan peserta serta Panitia Pelaksana yang telah mempersiapkan kegiatan ini.

“Mohon bantu, mohon dukung Kwarran Binawidya. Insya Allah semoga apa yang kita berikan untuk Gerakan Pramuka menjadi amal ibadah,” pinta Kak Irwan yang juga Sekretaris Pusdiklatcab Kota Pekanbaru ini.

Terkait dengan pelaksanaan dan pembiayaan kegiatan KO, Camat Binawidya Kak Indah Vidya Astuti menyampaikan hal tersebut merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kecamatan kepada Kwarran Binawidya dalam melaksanakan tugas dan fungsi dalam pembinaan Gerakan Pramuka di Kecamatan Binawidya.

“Selaku Ketua Mabiran Binawidya saya akan membantu Kwarran Binawidya. Kak Irwan selalu berkoordinasi dengan saya terkait kegiatan kepramukaan di Kwarran. Saya mendukung apa yang disampaikan Kak Irwan dan berpesan agar peserta dapat mengikuti kegiatan sampai dengan selesai. Setelah mengikuti kegiatan, agar menyampaikan laporan kepada Kepala Sekolah dan tetap semangat mengikuti kegiatan,” kata Kak Indah.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru diwakili Ketua Harian Kak Toni Werdiansyah mengatakan membentuk karakter anak-anak bangsa adalah tanggungjawab bersama baik melalui pendidikan formal maupun non formal. Untuk itu ia berharap kepada para peserta dapat berperan aktif di Gugusdepannya masing-masing dan lingkungan sekitar.

“Dengan niat, tekad dan kebersamaan, mari kita persiapkan anak-anak muda bangsa yang berkarakter melalui Gerakan Pramuka. Kita memfasilitasi peserta didik, suatu kebanggaan dan kehebatan bagi kita membina di Gudep dan di sekitar lingkungan kita,” kata Kak Toni.

Selain itu, Kak Toni mengungkapkan bahwa periode Kwarcab 2020-2025 di bawah kepemimpinan Kak Masykur Tarmizi arah kebijakan diarahkan kepada pembenahan internal organisasi, dukungan kepada Kwartir Ranting, Dukungan pengembangan Satuan Karya Pramuka dan dukungan kepada Gugusdepan.

“Tahun 2021 kita bantu kegiatan Kwarran melalui anggaran Pemerintah Kecamatan hingga saat ini, tahun 2022 kita mulai untuk Satuan Karya Pramuka (Saka), tahun 2023 kita lanjutkan lagi untuk Saka dan tahun 2024 kita akan bantu Gugusdepan,” papar Kak Toni yang juga Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwarda Riau ini.

Penulis : Kak Irwan Yuliadi (Humas Kwarda Riau)

Tulis Komentar

Berita Lainnya

Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penggalang

Buku panduan ini khusus membahas syarat kecakapan umum untuk golongan Pramuka Penggalang. SKU Pramuka Penggalang terdiri dari 3 (tiga) .

Bentuk Saka Adhyasta Pemilu, Bawaslu Kota Pekanbaru koordinasi dengan Kwarcab

Pekanbaru – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pekanbaru melaksanakan koordinasi dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pr.

Diklat Brigade Penolong Dimulai, Ini Harapan Kakwarcab Pekanbaru

PEKANBARU - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru menggelar Pendidikan dan Pelatihan (diklat) Brigade Penolong (BP) y.

Buka KMD Siaga, Ka Kwarcab Kota Pekanbaru minta peserta ikuti dengan serius

PEKANBARU (Pusinfopku) - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pekanbaru diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota De.

Website kwarcabpekanbaru.or.id Raih Juara Pertama Tingkat Kwarda Riau

PEKANBARU - Kwartir Cabang Kota Pekanbaru kembali menorehkan prestasi. Kali ini, website Kwarcabpekanbaru.or.id dinobatkan sebagai yang.