Kadisdik Apresiasi Kursus Orientasi Saka Widya Budaya Bakti Pekanbaru

Kadisdik Apresiasi Kursus Orientasi Saka Widya Budaya Bakti Pekanbaru

Kwardariau.or.id, Pekanbaru – Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru selaku Ketua Majelis Pembimbing Satuan Karya Pramuka (Mabisaka) Widya Budaya Bakti, Kak Abdul Jamal MPd menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Kursus Orientasi Saka Widya Budaya Bakti Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru. Kegiatan yang diikuti oleh Ketua dan Tutor Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) se-Kota Pekanbaru tersebut digelar pada Kamis (19/1/2023) di aula Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru.

Menurut Kak Abdul Jamal, pelaksanaan kursus orientasi ini merupakan tindak lanjut setelah pelantikan Saka Widya Budaya Bakti Pekanbaru pada beberapa waktu lalu. Peserta Kursus Orientasi berasal dari Ketua dan Tutor Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dimana PKBM merupakan lembaga pendidikan non formal yang didalamnya ada siswa paket A, B, dan C.

"Waktu di SD sudah diajarkan kepramukaan dan sampai saat ini sebenarnya harus ada. Karena organisasi Gerakan Pramuka inilah yang lebih eksis dan dipercaya dari tahun ke tahun. Apalagi saat ini Pramuka menjadi ekstrakurikuler wajib pada pendidikan formal (sekolah). Tentunya pada pendidikan non formal akan kita laksanakan,” ucap Kak Abdul Jamal.

Menurut Kak Abdul Jamal, Gerakan Pramuka satu-satunya organisasi yang dapat memberikan kemandirian dan kompetensi siswa-siswa. Sehingga ia sangat mengapresiasi dan mendukung Kursus Orientasi Saka Widya Budaya Bakti Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru.

"Saya akan memberikan apresiasi dan saya dukung. Sekarang kita coba mengembangkan non formal, supaya cita-cita generasi emas tahun 2045, Insya Allah bisa tercapai,” tuturnya.

Ditambahkannya, sebagai ekstra kurikuler wajib dari siswa, Gerakan Pramuka merupakan suatu wadah yang mengarahkan anak-anak pada hal-hal positif. Apalagi tantangan di Pekanbaru sangat berat dan anak-anak butuh kegiatan dimana mereka dalam proses mencari jati diri, sehingga perlu diisi dengan hal-hal yang positif.

“Mari kita bersama-sama, saya apresiasi dan terimakasih kepada Kwarcab dan Pengurus Saka Widya Budaya Bakti atas pelaksanaan Kursus Orientasi ini,” tutupnya.

Penulis : Kak Irwan Yuliadi (Sekretaris Pusdiklatcab Kota Pekanbaru)
Editor : Kak Lukman Prayitno

Tulis Komentar

Berita Lainnya

Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Siaga

Sistem Tanda Kecakapan adalah salah satu Metode Kepramukaan untuk mendorong dan merangsang Pramuka Siaga agar memiliki kecakapan untuk .

Kwarcab Pekanbaru Turut Serta Tanam Rumput di Kawasan Buper Sialang Rampai

PEKANBARU – Bersama Penjabat Walikota Pekanbaru, Muflihun SSTP MAP, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru Kak Masyk.

LT II Binawidya ditutup, MTs Darel Hikmah raih Regu Berprestasi Tinggi

PEKANBARU (Pusinfopku) - Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Dua (LT II) Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Binawidya resmi di.

54 Peserta Ikuti Kursus Orientasi di Kwarran Binawidya

Pekanbaru – Sebanyak 54 peserta mengikutiKursus Orientasi (KO) yang diselenggarakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pek.

Shasa the Voice Indonesia : Jambore & Pesta Siaga Kwarcab Pekanbaru Pecah!

PEKANBARU - Pembukaan Jambore Cabang dan Pesta Siaga cabang Pekanbaru tahun 2022 yang dilakukan Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution.